Jurnal Energi dan Teknologi Manufaktur (JETM) adalah jurnal bidang Teknik Mesin yang diterbitkan oleh Polinema Press, Politeknik Negeri Malang. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Kami menerima artikel hasil penelitian ilmiah di bidang Teknik Mesin khususnya: Energi Terbarukan, Pemeliharaan Mesin Konversi Energi, Inovasi Teknologi Manufaktur, Pemeliharaan Mesin Manufaktur, Analisis Sistem Manufaktur, Otomotif, dan Teknik Otomotif Elektronik.

 JETM adalah jurnal akses terbuka yang berarti bahwa semua konten tersedia secara gratis tanpa biaya kepada pengguna atau institusinya. Pengguna diizinkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikel, atau menggunakannya untuk tujuan sah lainnya, tanpa meminta izin sebelumnya dari penerbit atau penulis. Ini sesuai dengan definisi BOAI tentang akses terbuka.

 

Proses Review

Semua manuskrip yang masuk akan dibaca oleh Pemimpin Redaksi Jurnal Energi dan Teknologi Manufaktur (JETM) pada awalnya untuk dilakukan proses evaluasi. Naskah yang diserahkan yang tidak sesuai dalam hal fokus dan ruang lingkup akan segera ditolak tanpa tinjauan eksternal. Manuskrip yang dievaluasi berpotensi menarik bagi pembaca kami akan dikirim ke reviewer. Editor kemudian membuat keputusan berdasarkan rekomendasi reviewer dari beberapa kemungkinan: ditolak, memerlukan revisi besar, perlu revisi kecil, atau diterima. Penetapan artikel yang akan dimuat di JETM dilakukan melalui double blind peer review dengan mempertimbangkan dua aspek utama, yaitu: relevansi dan kontribusi artikel pada teori dan perkembangan praktik. Editor dan reviewer memberikan umpan balik yang membangun atas hasil evaluasi kepada penulis. Pemimpin Redaksi Jurnal Energi dan Teknologi Manufaktur berhak memutuskan manuskrip mana yang akan diterbitkan pada jurnal tersebut. Setiap manuskrip yang masuk ke JETM akan dilakukan proses review oleh 2 (dua) orang reviewer.

Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:

  1. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan mengizinkan penulis untuk mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
  3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
  4. Penulis diizinkan dan didukung untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (See The Effect of Open Access).

 

Keputusan Publikasi

Pemimpin redaksi Jurnal Energi dan Teknologi Manufaktur bertanggung jawab untuk memutuskan artikel mana yang masuk ke jurnal yang harus diterbitkan. Keputusan tersebut didasarkan pada rekomendasi dari anggota dewan editorial dan reviewer jurnal. Jurnal ini mematuhi persyaratan hukum yang akan berlaku terkait fitnah, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme. Editor berunding dengan tim editorial dan reviewer dalam membuat keputusan ini.

 

Editor Kepala:

Dr. Wirawan, B.Eng(HONS), M.T.

 

 

Biaya (fees charge)

Jurnal ini bebas biaya (free of charge) dari proses pengiriman, review hingga terbitnya (submission, review, and publication).

 

Alamat Redaksi

UPT Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M)

Gedung Graha Polinema Lantai 3

Politeknik Negeri Malang

Jalan Soekarno-Hatta No. 09, Malang

Kode Pos 65141

PO BOX 04 Malang

Telepon : +62 (0341) 404424 – 404425

Faks : +62 (0341) 404420

 

Penerbit

Polinema Press

http://jetm.polinema.ac.id/index.php/JETM/index

 

E-mail:

jetm@polinema.ac.id