Login or Register to make a submission.

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • Naskah yang diajukan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, juga tidak dalam proses pengajuan di jurnal lain (atau penjelasan diberikan pada Komentar kepada Editor).
  • Naskah yang diajukan dalam bentuk Microsoft Word (.doc maupun .docx)
  • Jika tersedia url dari setiap sumber dapat dicantumkan
  • Paragraf harus dimulai dengan jarak 1 cm untuk baris pertama dan harus diberikan 1 spasi setiap paragraf.
  • Naskah harus diatur secara langsung dan jelas. Panjang maksimum makalah adalah 10 halaman dan abstrak ditulis dalam bahasa Inggris untuk penulisan gramatikal atau setidaknya abstrak ditulis dalam bahasa Inggris. Halaman tidak perlu memiliki penomoran halaman. Script harus ditulis menggunakan Microsoft Office Word (* .doc atau * .docx) satu spasi dalam ukuran A4 (210 mm x 297 mm) dengan margin atas dan bawah 4 cm, margin kiri dan kanan 3 cm. Gunakan Times New Roman10 pt untuk keseluruhan skrip. Tata letak teks harus ditulis menggunakan dua kolom. Skrip harus disajikan dalam beberapa bab, mulai dari pendahuluan (25%), metodologi, analisis (65%), Kesimpulan (10%) dan referensi. Pendahuluan terdiri dari latar belakang, permasalahan, dan penelitian terdahulu
  • Apabila mengirimkan ke bagian jurnal yang di-review rekan kerja, pastikan telah mengikuti petunjuk dalam blind review yang telah dilakukan.

Dengan mengirimkan naskah, penulis berkewajiban untuk melakukan registrasi ulang pada sistem. Ketentuan umum yang digunakan dalam jurnal submit adalah kesesuaian topik jurnal dalam lingkup energi dan teknologi manufaktur

Format Naskah

Naskah harus diatur secara langsung dan jelas. Panjang minimum makalah ini harus dalam 10 halaman, dan ditulis dalam bahasa Inggris untuk penulisan gramatikal atau setidaknya abstrak ditulis dalam bahasa Inggris. Halaman tidak perlu memiliki penomoran halaman. Script harus ditulis menggunakan Microsoft Office Word (* .doc atau * .docx) satu spasi, dalam ukuran A4 (210 mm x 297 mm), dengan margin atas dan bawah 4 cm, margin kiri dan kanan 3 cm. Gunakan font dan ukuran font yang telah diatur sesuai dengan template. Tata letak teks harus ditulis menggunakan dua kolom. Skrip harus disajikan dalam beberapa bab, mulai dari pendahuluan (25%), metodologi, analisis (65%), Kesimpulan (10%) dan referensi. Pendahuluan terdiri dari latar belakang, permasalahan, dan penelitian terdahulu.

Judul naskah

Judul makalah ditulis singkat dengan tidak lebih dari 15 kata dan bisa mewakili seluruh kertas. Itu tertulis dalam huruf kapital tanpa menyertakan lokasi studi kasus.

Penulis

Nama penulis utama dan daftar anggota harus ditulis secara lengkap dengan asal usul masing-masing penulis.

Abstrak

Bagian ini ditulis dalam bahasa Inggris yang berisi ringkasan makalah termasuk hasil penelitian. Abstrak yang berisi deskripsi penelitian tanpa referensi. Abstrak harus terdiri dari satu paragraf yang berisi tidak lebih dari 250 kata menggunakan Times New Roman10 pt, dibenarkan dan miring.

Kata kunci

Kata kunci harus mengandung sekitar 3 - 5 kata. Kata kunci harus mengacu pada objek penelitian, akar permasalahan, dan metode.

Bagian dari naskah

Berisi beberapa bagian termasuk kerangka kerja, metodologi penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, dan hasil.

Bab

Bab ditulis sesuai dengan nomor bagian. Tingkat maksimum bagian adalah 3 level, seperti 2.1.1. Bagian dan nomor bagian harus ditulis dengan menggunakan Times New Roman 10 pt bold, justified, title case mode. Untuk memisahkan satu bagian ke bagian lainnya, tambahkan 1 spasi.

Paragraf

Paragraf harus dimulai dengan jarak 1 cm untuk baris pertama dan harus diberikan 1 spasi setiap paragraf.

Tabel dan Angka

Tabel dan gambar disajikan di tengah naskah. Tabel dan gambar harus sesuai dengan kolomnya. Jika tidak sesuai dengan kolom, tabel dan gambar harus ditempatkan di bagian atas atau bawah halaman. Tabel diberi nomor sesuai urutan di mana mereka dirujuk. Mereka harus muncul dalam dokumen dalam urutan numerik dan sedekat mungkin dengan referensi pertama mereka dalam teks. Sebaiknya memiliki judul tabel muncul di bagian tengah atas meja. Gunakan Times New Roman 9 pt. Jumlah dan judul gambar harus berada di bawah, antara jumlah dan judul tabel dan gambar harus diberi 1 spasi. Jika judulnya terlalu panjang, maka batas rata tengah diharuskan sejajar dengan tepian tabel atau gambar.